Kamis, 28 Februari 2008

GELOMBANG DAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK (1)

GELOMBANG MEKANIK


Pendahuluan
Jika kita pernah melempar batu yang kecil atau benda apapun ke kolam, maka sebagian kecil air yang ada di kolam tersebut akan keluar dari permukaan air yang tekah di jatuhi batu tersebut. Akan tetapi kita tidak sadar kalau pada permukaan air yang lain membentuk suatu pola yaitu “bergelombang “. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi ? Apakah air tersebut berpindah bersama “gelombang air”?
Bentuk gelombang tidak hanya dapat dilihat dari medium zat cair saja. Akan tetapi gelombang dapat di liaht dan di buat pada medium lain seperti zat gas/udara dan zat padat. Contoh yang ntaya dalam kehidupan sehari-hari adalah bunyi. Bunyi dapat kita dengar, karena gelombang bunyi merambat melalui udara.
Sebenarnya jika kita telaah lebih jauh lagi kita akan menemukan Apa yang di maksud dengan gelombang? Dan bagaimana galombang bisa terjadi?. Serta contoh apa saja tentang gelombang di kehidupan kita sehari-hari?.
Dalam pembahasan kali ini kita akan mempelalajari tentang gelombang berjalan, cepat rambat gelombang, energi gelombang dan efek doppler.

*Arsip tugas kuliah.

Tidak ada komentar: