Kamis, 28 Februari 2008

CAHAYA DAN OPTIK (1)

CAHAYA

A.PENDAHULUAN
Cahaya merupakan salah satu bentuk energi yang dapat dilihat langsung oleh mata manusia. Kehidupan di muka bumi tidak dapat berlangsung jika tidak ada cahaya. Cahaya yang datang dari matahari merupakan sumber energi bagi kehidupan di bumi. Proses fotosintesis oleh tumbuhan memerlukan energi cahaya, selain matahari sumber cahaya yang lain dapat dihasilkan oleh listrik.
Apakah cahaya itu? Bagaimana sifat-sifat cahaya itu?.

B.KEGIATAN INTI
Cahaya Pada dasarnya adalah radiasi atau pancaran yang dihasilkan dari partikel-partikel bermuatan listrik yang bergerak. Pembahasan mengenai sifat-sifat cahaya dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu bagaimana sifat cahaya ketika berinteraksi dengan bahan atau zat dan agaimana sifat cahaya dalam perambatannya. Ketika cahaya termasuk gelombang, maka perambatan cahaya memiliki kesamaan dengan perambatan gelombang-gelombang lain, termasuk gelombang air dan gelombang suara.
Sejarah perkembangan tentang cahaya dimulai dari para pemikir kuno, lalu era Newton dan Huygens, sampai ke fidikawan modern Maxwell, Max Planck, dan Einstein. Teori-teori tentang cahaya adalah.
Pendapat Para Pemikir Kuno.
Teori Tactile.
Teori Emisi.
Teori Partikel atau Korpuskolar.
Teori Gelombang.
Teori Elektromagnetik.
Teori Kuantum.

1.Dari keseluruhan rangkuman sejarah perkembangan teori tentang cahaya yang telah dituliskan tersebut, daftarlah pendapat atau argumen yang sampai sekarang masuh berlaku dan yang sudah tidak berlaku lagi.
2.Secara umum dalam perkembangan ilmu pengetahuan ketika sebuah teori baru dikemukakan, maka ia akan menghadapi suatu teori baru yang lain yang menentangnya. Sebutkan pasangan teori tentang cahaya yang saling bertentangan!

C.PENUTUP
Merangkum hasil diskusi.


*Arsip Kuliah.

Tidak ada komentar: