Kamis, 28 Februari 2008

CAHAYA DAN OPTIK (4)

ALAT OPTIK


A.PENDAHULUAN
Seperti yang dicontohkan bahwa lensa dan cermin dapat dimanfaatkan pada alat optik, dapatkah kalian sebutkan contoh lain?. (Untuk pertemuan ini metode yang digunakan adalah metode JIGSAW)

B.KEGIATAN INTI
Tahap I . Bahan Ajar
Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok kecil, dimana masing-masing kelompok kecil terdiri dari 4 orang siswa yang berperan sebagai kelompok ahli sesuai dengan sub pokok bahasan dalam alat-alat optik yaitu ; kelompok ‘ Mata’, kelompok ’Lup’, kelompok ‘ Mikroskop’, kelompok ‘ Teropong Bumi’.
Guru membagikan lembar kerja ‘ahli’ sebagai arahan untuk diskusi kepada masing-masing anggota kelompok sesuai dengan kelompok ahlinya.
Guru memberikan tugas setiap anggota kelompok untuk membaca bagiannya pada sub pokok bahasan tersebut.
Masing-masing anggota kelompok ahli bertemu dengan ahli-ahli dari kelompok yang lain.
Tahap II. Diskusi Kelompok Ahli
Setiap anggota kelompok ahli mendiskusikan tugas yang mereka peroleh (pertanyaan dalam lembar kerja ahli ) selama kurang lebih 10 menit.
Guru mendorong siswa untuk menggunakan cara belajar yang bervariasi dan saling berkompetisi
Guru berjalan berkeliling melihat proses diskusi dari semua kelompok
Guru membimbing sisawa ketika ada siswa yang mengalami kesulitan
Tahap III. Pelaporan Dan Pengetesan
Masing-masing anggota kelompok ahli kembali ke kelompok kecilnya
Masing-masing kelompk kecil mengajarkan/menjelaskan materi yang telah didiskusikan dalam kelompok ahli tadi kepada anggota lainnya.
Guru mendorong siswa untuk menggunakan metode mengajar atau menjelaskan yang bervariasi dengan harapan apa yang disampaikan benar-benar dapat diterima oleh anggota kelompok yang lain.
Guru mendorong anggota kelompok untuk mengajukan pertanyaan ke penyaji.
Setelah diskusi kelompok kecil guru menyelenggarakan tes kecil yang mencakup seluruh materi dalam sub pokok bahasan alat-alat optik, dalam pelaksanaan tes tempat duduk masing-masing anggota kelompok dipisahkan (diacak) agar hasil yang diperoleh optimal.
Setelah itu lembar jawaban siswa dikoreksi oleh siswa sendiri, dengan cara ditukarkan teman beda bangku. Guru menuliskan jawaban di papan tulis

C.PENUTUP
Tahap IV. Penghargaan
Setelah pelaksanaan tes guru meminta siswa menyebutkan nilai yang diperoleh temannya (yang lembar jawabannya dikoreksi)
Guru menuliskan nilai siswa di papan tulis, misalnya;
kelompok 1.
Ayu = 80
Nia = 60
Jumlah dari kelompok 1 = ....
Guru membacakan peringkat masing-masing kelompok dari hasil penjumlahan nilai.
Guru memberikan penghargaan berupa hadiah kecil kepada kelompok yang jumlah nilainya tertinggi
Guru memberikan semangat dan dukungan bagi kelompok yang nilainya masih kurang bagus, semoga pada pertemuan mendatang nilainya lebih bagus.

*Arsip Tugas Kuliah.

Tidak ada komentar: